Thursday, July 30, 2015

My Love for Gardening

"Lho, kamu suka berkebun ya sekarang?"

I mostly got the response when people found out that now I do gardening.

Despite the fact that its less than a year ago I just got my very own yard, gardening its not a new thing from me. It's like a long lost love that I just found again and can make my time to take care of it.

-----------------

Dulu waktu masih kecil, saya suka nanem biji semangka-atau biji apapun yang saya temuin di kulkas-di sepetak tanah di bawah jendela kamar. Tanah di rumah saya di Bontang itu tergolong subur, jadi banyak banget cacingnya. Nah, ini jadi masalah banget buat saya yang tergolong penakut huhu.. jadi akhirnya nggak terlalu terekspos lah ini hobi :D

Waktu SMA di boarding school, saya satu-satunya siswi yang bawa kaktus dari rumah untuk ditaruh di balkon kamar. Hahaha.. (Fyi, it's dead later. Jatuh dari lantai dua ke selokan di lantai satu. Hiks)
Waktu pertengahan kuliah dan pindah ke rumah sendiri di Surabaya, sebenernya habit nanem ini udah mulai terpupuk. Sayangnya pas mulai ribet sama Tugas Akhir, tanamannya banyak yang nggak keurus dan banyak yang mati :'( Giliran sekarang punya rumah sendiri, akhirnya bisa deh mulai nanem-nanem lagi :*

Saya sih ga nanem yang ribet-ribet, secara udah cukup ribet ngurus Azka haha.. Bumbu dapur jelas jadi koleksi pertama di #kebuncumita. Daun salam, sereh, cabe, tomat..dan lain-lain. Oh ya dalam jajaran bumbu dapur dan para sepupunya ini, ada dua tanaman yang jadi favorit saya, yaitu Rosemary dan Mint. Ampun dah, kayak nemu harta karun pas nggak sengaja nemu dua tanaman ini di Pasar Bratang! XD Habisnya kalau beli bibitnya di Ac* Hard**** gitu kan mihil banget..Nah ini dua puluh ribu aja nggak sampai ciinn.. yang Mint malah dikasih gratisan cobaa..muahahaha.. #AkuCintaGratisan. Rosemary ini sukses bikin saya berilusi jadi koki kece XD. Kalau bikin saus pasta ditambahin rajangan Rosemary...westalah. Endeus. Kalau Mint suka saya campurin di teh. Jadi berasa minum Mint Tea ala kafe-kafe gitu hihi.. Walaupun pernah juga kebanyakan ngasi daun mintnya dan sukses bikin si teh berasa kayak odol hehehe..

Saya juga nanam bebungaan dan beberapa jenis tanaman gantung dan merambat. Kalau dari golongan bunga yang favorit jelaasss bunga matahari dong... Awalnya beli yang udah gede karena mikir nanamnya susah. Kalau sekarang udah bisa nanam sendiri dari biji. Alhamdulillaah ga terlalu susah ternyata, disebar aja tumbuh. Walaupun kudu sabar nungguin doi sampai berbunga :D

Favorit lainnya adalah bunga mawar jepang warna pale pink. Bunga ini asli cantiknya keterlaluin! Bunganya mungil-mungil tapi banyak.. gemesin banget pokoknya. Kayak aku. #plak Punya beberapa mawar jepang tapi yang favorit ini selain yang warna gradasi kuning-merah.

Oya, yang ngikutin instagram saya pasti tau kalau beberapa waktu yang lalu saya sempet nanam labu, atau kalau orang sini bilang waluh. Nah, si labu kan udah dibabat tuh... sekarang ganti nanam melon. Doakan lancar sampai berbuah yaa.. So far si udah tumbuh kecil-kecil. Ga sabar pokoknya liat si melon ini berbuah :)) Saya dan suami juga lagi ada project nanam pepaya varietas kalina. Konon pepaya imut-imut yang rasanya manis banget ini tanaman asli Tuban. Jadi dengan menanamnya sama aja kami melestarikan flora asli Tuban dong yaaa..#iyainaja. Udah tumbuh juga sih kecil-kecil..tapi masih harap-harap cemas bisa nggak tumbuh besar di halaman kami yang berbatu. Well, we will see later! 


Anyway kalau buat saya, asyiknya berkebun itu kayak sekali dayung dua tiga pulau terlewati. Maklumlah ya emak-emak rempong... kudu pinter bagi waktu. Si Azka kan lagi seneng-senengnya main air sama tanah tuh... jadi sambil berkebun daku bisa nemenin Azka main juga (walaupun seringnya malah jadi rebutan sekop atau selang. Hiks). Asyiknya lagi kalau bisa mengonsumsi dari hasil kebun sendiri. Walaupun cuma panen kecil-kecilan tapi jelas sehat karena nggak pakai bahan kimia yang aneh-aneh. Rasanya juga lebih puas :) Ah aku mah apa atuh amatiran begini jadi gampang puas :)))


Besok-besok jangan bosen ya kalau saya cerita soal #kebuncumita. Well, I need some sleep now. It's almost 3 AM by the way.. Sebagai penutup saya kasih foto selfie ama si cantik sunflower yaa.. Foto ini diambil pas lebaran kemarin hehe.. Gracias muchos, fellas! See you later! ♡


I am a #proudgardener *mesem XD*


1 comment:

Lisāna said...

Bunganya secantik yang nanem.. :))
Rosemary! Mint! I think I gotta visit your garden someday!