Tuesday, October 13, 2015

Emak-emak Belajar Dagang

Tak terasa genap setengah tahun saya jualan jilbab. Itungannya memang masih seumur jagung, tapi saya merasa cukup banyak pengalaman dan pelajaran yang saya ambil selama jualan produk milik orang lain ini.




Sebelumnya saya memang udah jualan handmade accessories dan outerwear dengan brand sendiri. Nah, karena masih merintis, banyak yang belum kenal dengan The Darling atau DearDarla Craft. Setelah saya menikah dan punya Azka, pemasukan nyaris nol karena via online sepi dan saya belum bisa rajin ikut-ikut bazaar seperti dulu. Lantas entah gimana awalnya, nemulah saya sama brand JilbabAfra. Awalnya tertarik sama visualnya, yang menurut saya, "woh, sing nggarap iki ngerti ndesyen". Kemudian nyoba jilbabnya dan suka... Sempat jadi reseller selama beberapa bulan, sampai akhirnya memantapkan diri menjadi agen sampai sekarang hehehe..
Awalnya saya hanya fokus jualan offline, ditawarin ke tetangga dan teman-teman di Tuban. Lalu kepikiran, kenapa nggak manfaatin online juga? Toh, agen punya privilege untuk dropship alias kirim barang ke konsumen dari produsen langsung. Buat saya yang tinggal di kota kecil mendekati terpencil, sistem ini membantu banget. Saya nggak harus stok banyak barang di rumah baru dikirim ke mana-mana. Karena letaknya yang bukan di kota besar ini, ongkir dari dan ke Tuban cukup mahal. Musuh nyata buat bisnis online.


Begitu mulai go online dengan bikin akun instagram di @jilbabafratuban, pesenan mulai mengalir satu demi satu. Puncaknya pas salah satu foto saya di-regram sama akun instagram JilbabAfra Pusat,. Hari itu juga saya langsung dapat enam fix customer (buat saya itu termasuk banyak lho! :D) Belum termasuk yang tanya-tanya dan nggak jadi beli hahaha... 
Oya, pengalaman sama customer ini termasuk yang paling seru lho! Ada customer yang enak diajak ngobrol.. ada yang transfernya selalu cepeett.. ada customer yang bela-belain minta dikirim stok dari Tuban walaupun ongkirnya mahal.. ada cust remaja yang emang abege banget, kegirangan kalau dapat diskon ("yaampun kakaknya baik bangeettt.. rejeki anak soleh ini.."*ngakak*) Macam-macam pokoknya :D Saya bersyukur nggak pernah ketemu customer yang terlalu ajaib (apalagi hobi hit and run, naudzubillah..) Saya malah banyak banget diketemuin sama customer yang Masyaa Allah baiknyaa... saya sampai nggak enak hati. Ada satu customer asal Depok yang entah gimana bisa nyangkut ke saya. Si customer yang manggil saya Teteh ini orangnya baiik banget dan santun. Seneng deh ngelayaninnya. Giliran kirim barang, kenapa sampai berhari-hari paketnya nggak sampai? Padahal satu kota sama produsennnya. Pusing banget deh saya. Si cust ini nggak bawel, malah saya yang riweh nanyain doi paketnya dah sampai atau belum. Habislah saya, begitu saya pikir, alamat cukup sekian dan terimakasih nih. Eh, begitu akhirnya paketnya sampai (ekspedisinya bermasalah ternyata), doi bilang "nuhun ya tehh". Bolak-balik. Nggak marah sama sekali! Saya masih nggak berharap banyak.. Namun beberapa waktu lalu si cust ini order lagi dan begitu ordernya nyampai dalam sehari, aduhh makin nuhun nuhun aja nih customer :D Alhamdulillahh..

Memang kalau menurut saya, tolak ukur suksesnya kita berjualan itu kalau ada repeat order, entah dari customer sendiri atau doi promo ke temannya. Itu artinya pelayanan kita memuaskan. Ibarat kita makan di resto, kalau makanannya enak dan service lainnya memuaskan, kita pasti balik lagi kan? Makanya saya hati-hati betul sama customer. Walaupun kadang nyebelin, tapi asal masih sopan tetep aja pasang (emot) senyum hihi... Lalu kalau ada customer yang repeat order, nah itu harus di-maintain supaya jadi loyal customer. Caranya bisa macem-macem. Bisa dengan ngasih gimmick alias sovenir, ngasih diskon, atau ngasih layanan delivery misalnya.


Oya...Buat saya, nggak ada ceritanya sikut-sikutan dalam urusan perut. Bukannya Allah sendiri sudah berjanji kalau tidak akan dimatikan seorang hamba sampai rezekinya dituntaskan? Jadi rezeki mah udah ada porsinya sendiri.. dan nggak bakal ketuker! Tinggal cara kita saja menjemput tuh rizki yang menjadikan rezeki tersebut bernilai berkah atau sebaliknya..

Berpegang dari situ, adab dalam berjualan tetap saya junjung sekalipun dalam bisnis online yang rawan banget terjadinya penyelewengan. Misalnya nih, ada customer komen foto di akun ignya JilbabAfra Pusat "Sis ini caranya beli gimana?". Biasanya agen dan reseller suka ada yang komen, "Bisa dibeli di kami juga kak... harga sama dengan produsen..dst.". Kalau sudah ada agen/reseller yang membalas komen satu calon pembeli, maka saya nggak akan menawari pembeli tersebut untuk beli di tempat saya. Ibaratnya ada orang di pasar cari jeruk terus ditawari penjual A, masa iya ada penjual B nyelonong bilang "beli di saya aja..sama kok jeruknya.. lebih murah lagi.." Kalau kejadian di dunia nyata jelas kena bogem tuh pedagang B hehehe... 


Omong-omong... Enaknya jualan barang punya orang, kita bisa fokus jualan aja ya. Nggak ribet-ribet bikin konsep, branding, belum strategi marketing dan sebagainya. Nggak enaknya kalau pas mikir "aduuhh energi kayak gini bisa kali yaa buat ngegedein brand sendiri" hihi.. 


By the way.. udah malam dan saya mulai ngantuk. Kapan-kapan saya sharing kecil-kecilan lagi ya! Hihi..




Love,
Tyzha

No comments: