Monday, April 24, 2017

Ketika Azka Bertanya


Bismillah..

Sekedar pengingat bahwa ada begitu banyak milestone luar biasa dalam perkembangan Azka.. :’)
Semenjak Azka berusia 2,5 tahun hingga kini genap  tiga tahun, kemampuan verbalnya makin meningkat; pun kalau boleh dibilang logikanya dalam menanggapi hal-hal yang terjadi di sekitarnya.


Saya dan Abinya Azka sepakat untuk tidak memperlakukan Azka sebagai anak kecil, tetapi sebagai orang dewasa mini dalam beberapa hal. Kami percaya bahwa anak adalah makhluk tercerdas. Jadi insyaallah kami sebisa mungkin berusaha menjawab berbagai pertanyaan ajaib Azka sebagaimana jawaban seharusnya; bukan dengan jawaban ngasal yang penting anak diem. Walaupun konsekuensinya, itu bisa menimbulkan banyak pertanyaan baru dari Azka, yang biasanya bikin tambah pusing hihihi.. Untungnya pusing yang nikmat.. :D

Kami sangat menikmati bagaimana Azka mencerna berbagai jawaban lalu mengolahnya dalam logika berpikir versinya. Masya Allah, luar biasa apa yang kadang keluar dari bibirnya sungguh seringkali membuat kami terperanjat, geli, merasa takjub bahwa makhluk semuda ini bisa berpikir demikian. Masya Allah..

Saya yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama Azka di rumah, lebih sering menjadi saksi mata momen-momen ajaib ini. Biasanya di atas kasur menjelang tidur siang, adalah waktunya Azka reading time shirah atau kisah para nabi. Seringkali di tengah-tengah bercerita timbul berbagai pertanyaan maupun jawaban yang luar biasa menghibur. Sayangnya, saya tak banyak mendokumentasikan secara riil peristiwa-peristiwa tersebut, sehingga akhirnya ingatan manusialah yang membodohi kita semua. Hanya ada beberapa potongan yang kadang teringat. Salah satunya saat kami sedang membaca kisah Maryam, fragmen melahirkan Nabi Isa a.s.


Azka (A) : kenapa perutnya (Maryam) gendut?
Ummi (U): Oh karena sedang hamil.
A: Hamil itu apa?
U: Itu ada adek bayi Nabi Isa di dalam perut Maryam
A: Perutnya ummi gendut?
U:  Iya, nak, perutnya ummi gendut.. *kasih emot nangis T___T*
A: Ummi juga hamil?
U: Ummi juga bisa hamil :)
A:  Perutnya Azka gendut?
U: Iya perutnya Azka endut *towel perutnya Azka yg memang endut*
A: Azka juga hamil, ada adek bayinyaa..
U: *ketawa*Azka nggak bisa hamil, karena Azka laki-laki. Yang hamil itu perempuan kayak Ummi, kayak Maryam. Azka laki-laki seperti Abi, nggak bisa hamil.
A: Perutnya Azka gendut, ada isinya nasi! *tepok2 perutnya sambil ketawa*


Aduh ini bocah :))))))



Dan hari ini di tengah-tengan makan malam, dalam kondisi badan demam dan habis muntah, bisa-bisanya Azka melontarkan pertanyaan kelas berat:

 Ummi, di mana mencari rahmat Allah?



Emaknya bengong.


No comments: