Wednesday, September 18, 2013

The Awaited One

I am gonna write in Bahasa since I guess my parent would love to read this, and yes, they are not that good in English heheh... But, maybe I can’t help the spontaneous English word popped in my writing. Sorry for that anyway :D

----------------------------------------------------------------------------------------

So it’s started with couple days before Eid Al Fitr. Jadi tanggal 4 Agustus tepatnya saya dan suami bertolak ke Cilapop (Cilacap I mean) buat merayakan our very first Eid Al Fitr di rumah orang tua suami aka mertua saya. Saya gak begitu bersemangat waktu itu karena kondisi lagi sakit gigi (iyah gak keren banget ya). Jadi sekitar sehari ato dua hari sebelum mudik saya ngalamin sakit di gigi geraham yang gak banget. Singkatnya aja saya harus minum antibiotik, obat anti inflamasi dan vitamin selama sisa hari bulan puasa. Plus penahan rasa sakit. Cause the pain is hell!!! Jadi gitulah… Saya berangkat ke Cilapop dengan khawatir  karena takut di sana gak bisa enjoy menikmati liburan karena sakit gigi.

Alhamdulillah dengan minum obat sesuai anjuran dokter sakit saya mereda bahkan hilang sama sekali sekitar dua hari sebelum lebaran bertepatan dengan habisnya obat yang diberikan. Namun anehnya, hampir bersamaan dengan obat tersebut habis saya mulai merasakan mual. Gak begitu kerasa, tapi samar-samar saya merasa mual, timbul tenggelam. Saya pun casually ngadu ke suami dan ditanggapi dengan casual juga haha… Beberapa kali mual itu muncul tapi karena nggak menggangu jadi saya biarkan saya. Mungkin kecapekan pikir saya. Toh selera makan segala macam juga gak berpengaruh. Cuma deep inside saya agak bertanya-tanya karena belum pernah merasakan mual seperti ini.

Sebagai wanita dengan pencernaan lemah saya mah udah akrab banget dengan yang namanya mual. Perjalanan darat, mual. Nyium bau rokok, mual. Saya tahu persis setiap mual akan berujung pada satu hal; yes, jackpot aka muntah. Tapi habis jackpot, lega. Selesai masalah. Tapi kenapa mual yang satu ini seperti gak ada ujungnya.. Makin lama mual itu makin sering intensitasnya walaupun masih belum mengganggu. Saya pun ngadu lagi ke suami (yang saya gak tau bercanda apa nggak) bilang; jangan-jangan kamu hamil. Saya pun ketawa. I won’t make any assumption sampe saya telat datang bulan.

So the Eid is finally coming. Agak surprised bisa ikut solat Idul Fitri karena seharusnya saya sudah dapat ‘tamu’ tanggal segitu. But I didn’t take it seriously since I was very happy with the opportunity. Yah, rejeki banget nih haid telat jadi bisa solat Id, batin saya. Hari kedua Lebaran kami berkunjung ke rumah mbah dan sanak saudara suami di desa. Amazing, saya gak mabuk darat. Besoknya kami sudah bertolak lagi ke Surabaya. Saya masih belum haid juga.

Husband: Nanti cek lah
Me: iyaaa..
Husband: *diem sebentar* kalau Mi beneran hamil ini bener-bener rejeki ramadhan
Mi: haha iya *ketawa garing* *ga nanggepin serius*

To be honest, we had been through the same situation in the past. Telat haid dicek ternyata negatif. Telat haid lamaa… udah seneng gataunya akhirnya dapat. I learn to not hoping too much because what’s the point? It just give us the bitter feeling in the end. Toh kalo emang udah waktunya juga bakal dikasih kan.. jadi santai ajalah..

Tapi waktu akhirnya balik ke Surabaya, saya tiba-tiba mendapatkan pencerahan enggak tau dari mana kalau kehamilan itu baiknya dipersiapkan. So when finally I got the bumps, saya memang sudah siap, at least jasmaninya dulu. Jadi ditemenin suami saya akhirnya ke supermarket terdekat beli susu persiapan kehamilan. Niatnya saya mau langsung minum susu mulai dari sekarang. Jadi, begitu hamil, si janin sudah dapat pasokan asam folat dari awal (yang roaming, baca-baca soal asam folat dulu yak hehe).

Namun realita berbicara lain. Begitu sampai rumah ortu saya di Surabaya, saya bahkan gak punya nyali untuk mengeluakan kotak susu itu dari kamar. I have learned that my parents (and the big family) is sort of excited people. Too excited, if I may add. Aduh ngebayangin ngeluarin tuh susu pasti ortu dah bakalan heboh. Pasti ribut tanya-tanya. Kamu hamil ya?? Yada yada…aduhh..padahal niatnya cuma mempersiapkan aja. Akhirnya karena ngerasa gak sanggup menghadapi kerempongan yang mungkin terjadi, susu itu tetep dalam kotaknya sampai kami pulang ke Tuban tiga hari setelahnya.

Hari pertama di rumah Tuban saya tepar without no reason. Asli, secapek-capeknya saya gak pernah molor sampai jam 1 siang. Padahal malam sebelumnya jam 8 sudah tidur. Suami pulang kerja saya pun ngadu. Kok jadi moloran ya..badan kayaknya capek bgt. Tapi gak begitu selera makan..plus belum dapet juga. Suami pun mendesak buat segera pakai testpack. Saya iya-iya aja walaupun mikir kalau negatif kan eman tespacknya haha…wong baru telat berapa hari juga..tapi penasaran juga sih..#galau

Esoknya saya bangun dan lupa sama sekali dengan agenda ngetes urine. Suami pun muring-muring karena saya lupa haha.. Menurut testpack yang saya beli, urine pertama di pagi hari adalah yang paling efektif mendeteksi kehamilan karena konsentrasi HCGnya paling tinggi (HCG=hormon yang mendeteksi adanya kehamilan) Lah, namanya orang baru bangun tidur masa inget sih semalam plan-nya apa. Ya pipis, pipis aja jadinya.. habis kelar baru inget. Akhirnya demi menghibur diri dan suami, saya memutuskan untuk ngecek pagi itu juga. Cuma, sampel urine yang diambil paling nggak harus berjarak empat jam dari buang air kecil yang pertama. Jadilah saya minum banyak-banyak setelahnya.

Habis nganter suami ke pickup point, penantian dari jam 6 lebih ke setengah 8 pagi itu adalah the longest waiting I have ever felt in my life. Nyalain tv cuma ada infotainment. Mau ngerjain yang lain kok gabisa konsen (blame the curiosity!). Akhirnya (sumpah ini random banget) kan ada majalah Berita Kita-nya Holcim geletakan tuh, nah akhirnya saya malah jadi ngisi TTSnya buat membunuh waktu. Sampai akhirnya jam setengah 8 lebih 10 menitan lah ya, finally saya memutuskan untuk pake testpack. Begini reka ulangnya. Semua diperagakan oleh saya tanpa pemeran pengganti.

Me: *mbuka bungkus plastiknya dengan ganas.*
Diem..baca-baca lagi petunjuknya..kali aja ada yang lupa
Ngeluarin tuh testpack dan dengan hati-hati menuju kamar mandi…lalu timbullah persoalan. URINENYA DITAMPUNG PAKE APA YA??

Testpack pertama dulu saya sukses ngencingin tutupnya wadah cottonbud. Lah, sekarang apa lagi yang harus jadi korban? Aha! Untungnya ada tutup facial wash yang udah gak kepake.

Oke, urine ditampung.

Oops.. kebanyakan.

Testpack dicelupkan..hati-hati jangan melebihi batas max

Me: *memperhatikan urine meresap ke testpack*eh kayaknya dulu ga gini deh…*muncul satu strip* oh it sounds familiar…dulu gue nungguin sampai jedot satu strip itu aja yang nongol..

Nah waktu otak saya masih berkutat dengan segala pikiran-pikiran ngaco itu tiba-tiba aja NONGOL SATU STRIP LAGI DONG

Pikiran pertama: Loh stripnya ada dua
Pikiran kedua: kalo dua strip artinya hamil gak sih?*mendadak amnesia*

Karena takut menghilangkan barang bukti akhirnya testpack itu saya foto dulu pake hape (iya udah sangu hape ke toilet)
Terus karena tidak mau terlalu seneng dulu akhirnya memutuskan keluar toilet buat nyari bungkusnya testpack untuk memastikan.

Iyah bener menurut cara pemakaiannya dua strip artinya hamil

Bengong trus balik lagi ke KM sambil ngeliat lagi testpack yang sudah diletakkan dengan hati-hati dalam posisi mendatar sesuai petunjuk pemakaian

Me: *ngeliatin tuh tespatck dengan pandangan menghunjam* Bener kan ga salah liat ini stripnya dua eh jangan-jangan kalau diliatin gini strip satunya ilang *makin melotot* Eh tadi kok cepet banget strip satunya sudah keluar? *sungguh pikiran-pikiran tidak penting*

Evidence

Setelah beberapa waktu saya pelototin dan bener testpacknya menunjukkan dua strip dan strip satunya gak ilang walaupun udah dipelototin akhirnya saya mulai cengar cengir. Yess!!! Possibility become a mom!!! Trus testpack itu saya foto lagi dengan angle dan pencahayaan yang lebih bagus*apadeh* trus saya buru-buru keluar toilet buat nelpon si partner bikin anak. Oh saya gak lupa cebok dulu sebelumnya kok..tenang aja..masa sih harus disebutin juga..

Awalnya telpon ke nomor suami nadanya gak aktif aduhh..KENAPA HARUS PADA SAAT-SAAT BEGINI??? Telpon ke nomor satunya lamaa baru diangkat. Terus saya ngulangin adegan-adegan yang biasanya kita tonton di sinetron ato film-film. Yah saya lupa redaksinya apa… tapi kira-kira seperti ini: Biii tadi nyoba testpack trus garisnya dua Bii (yang setelah dipikir bodoh banget saya bilang ini. Mana suami saya ngerti dua garis itu artinya apaa --“) tapi lantas saya menambahkannya dengan info lain; dua strip artinya hamil Biii..

Sayangnya suami saya tidak bereaksi seperti layaknya suami di film-film.

Iyakah? tanyanya dengan suara nyaris berbisik

MANA LUAPAAN EMOSI KEBAHAGIAN YANG DIUNGKAPKAN DENGAN, CONTOHNYA: BENARKAH SAYANG??? SERIUSSSS??? AAAHH AKU AKAN JADI BAPAK!!! AKU MENCINTAIMU SAYAANGGG!!!!♥♥♥

Itulah kenapa saya sangat menganjurkan Dinas Pendidikan untuk memasukkan nonton film sebagai salah satu kurikulum pendidikan kita. Sesungguhnya banyak yang bisa kita pelajari dari film terutama drama romantis. Dari film drama, masyarakat kita bisa belajar fondasi dasar sensitivitas dan akhlak lembut yang kedepannya dapat membentuk sisi keromantisan terutama pada generasi pemuda kita. Sehingga tidak perlu ada lagi kaum wanita yang mengalami kasus di atas.

Whatever deh, pokoknya tanggapannya suami perasaan datar-datar aja…tanpa intonasi suara naik pula ._.
Belakangan saya baru mikir lah itu kan jam kerja, mungkin juga suami nyelinap dari kubikelnya buat ngangkat telpon dari saya.. jadi dimaafkanlah kondisinya saat itu yang mungkin tidak mau banyak menarik perhatian. Plus, later, saat suami pulang kerja saya mendapatkan tanggapan yang layak hehehe… baca: suami heboh. Bahkan dia cerita dari pagi gabisa konsen kerja karena cengar cengir gak percaya kalau dia bakalan jadi bapak. Aduhh hehe :”> *Ralat: dengan ini protes sebelumnya dianggap tidak ada :D*

Lalu habis nelpon si partner bikin anak saya langsung nge-wasap Mbak Rutri, istrinya teman suami yang juga temen saya, yang cukup deket karena beda umurnya ga jauh. Saya langsung tanya-tanya dokter kandungan cewek yang praktek di Tuban dan alhamdulillah tempat prakteknya gak jauh dari rumah. Saya udah khawatir aja Mbak Rutri ini banyak tanya.. tapi untungnya Mbak Rutri bukan tipe orang yang kepo hehe… Walopun di testpack udah positif tetep aja kan saya belum yakin 100% positif... Lah kalo dah babbling terus ternyata masih negatif kan malu eike..


*to be continued*


Next post: kunjungan pertama ke dokter kandungan! :D

No comments: