Wednesday, January 28, 2009

damn u crowd!

Ohya kemarin lusa saya nton Pintu Terlarang di TP. Dewean! Aslinya mo ngajak dila, tapi mo ngajak takutnya gajadi nton juga soalnya rencana mo serpis motor dulu. Trus ternyata gajadi serpis motor karena udah ngebet bgt nonton. Pelemnya tuh mule jam 12.45 dan jam 12.10 saya masi di sekitar ITS huaha. Akhire yo ngebut g karu-karuan. Untungnya lagi imlek jd jalanan sepi.

Weits tepat waktu masuk teater tiga pas baru mulai 2 menitan deh filmnya.

So far sih filmnya bagus. I mean jarang film indonesia dengan genre seperti ini. film ini kan based on novel by sekar ayu asmara. Dan kita semua tau banget gaya si mbak sekar ayu ini piye.. mungkin ada yg perna baca eh nonton Soulmate? Yg ngisahin 4 cewek yg sobatan tu? Yg main nirina, dian sastro, dinna olivia sama marcella zalianty. Inget? Baby Blue? Yah gitulah.. S ini kan filmnya juga ‘gelap’ gt. Lebih ke drama psikologislah. Yg mencekam gt ky thriller2. Yg bikin kita ga banyak ketawa tapi narik napas dan (kalau saya) sibuk nyari tangan temen buat dipegang.

Ya gitu. Saya jadi nyesel nton Pintu Terlarang sendirian. Walopun udah duduk paling pinggir tetep aja takut2 sendiri. noleh ke sebelah ehh kosong, jd gada yg bisa dibagi ketakutan sial deh. Akhirnya pas suasananya menegangkan terpaksa pake gaya nonton film horor, nutup muka pakai tangan sambil ngintip2.

Balik lagi ke fimnya. Filmnya bagus karena jarang film Indo punya genre seperti ini. tapi sebenernya yg ganggu saya itu penontonnya.

Saya udah tau kalo penonton Indonesia itu ga beretiket, tapi waktu itu saya bener2 sebel. Saya bisa tolerir, malah saya juga bakal lebih terhibur kalo orang ikut ketawa ato ikut njerit kaget pas nonton film. But i can’t stand orang yg sibuk ngomentarin film keras2 pas film itu lagi diputer.

Bayangin aja pas lagi adegan serius yang perlu mikir trus adaaa aja orang celometan komentar keras2. Nyeletuk-nyeletuk ga penting yang memancing tawa penonton lain yg sama ga beradabnya kaya dia. I mean, oh God plis deh, ini film serius, kalo g bisa dibilang berat. Nonton film kayak gini y brati lu harus nonton, diem, ngehayatin, mikir esensinya apa. Bukannya malah komen kaya ‘penonton kecewa..’ atau sorak2 pas adegan menjurus ke itu2 (padahal yah adegan ehm, di film ini digambarkan pas si gambir (fachry albar) maksa talyda (marsha timothy) buat melakukan hubungan seks gara2 si gambir pengen membuktikan kalo dy ga lemah). Bukan sekedar adegan ranjang ga jelas, tau2 main nyosor aja kayak yg kita tau ada di beberapa film Indonesia lain yang berlindung di balik kata ‘film horor’.

Saya terganggu sekali dengan ulah penonton macam itu.

Dan ga cuma adegan gt aja. pas adegan2 serius juga mereka komentar ga penting. Banyaklah sepanjang film celetukan2 usil itu muncul. Sampe ada penonton yang bilang ‘ssh!’ buat ndiemin, mereka ga diem2. Saya yang dalam situasi seperti itu pasti otaknya jauh lebih tumpul ketimbang emosi cuma bisa memaki-maki dalam hati aja.

Saya c pengen bilang kalo liat posternya trus mereka mikir klo film ini bakal hot atau apa berati anda salah nyari sasaran film. Dan kalau memang itu yang terjadi saya bisa katakan saya kecewa dengan selera anda. Oke saya pakai anda2 saja, sapa tau ada di antara penonton itu yg baca blog saya. Mungkin lain kali anda perlu liat yg bikin film siapa, yang main siapa, untuk memenuhi ekspektasi anda terhadap film, yang saya pikir ga jauh2 dari film yang katanya horor tapi ko kebanyakan ngeresnya ketimbang seremnya. Cari fil yang judulnya bombastis, ga jelas dan yah anda ngerti maksud saya, memajang nama salah satu bintang film katanya, padahal aktingnya ya gt aja2.

Sebenarnya dari awal saya pengen nonton ini saya kecewa karena di GM ternyata ga main. Trus saya ke delta, dan jelas2 di sana ada posternya, ternya mereka bilang ga main juga. Baru akhirnya ke TP. Dan itu baru brapa hari ya setelah premier, yang nonton ga penuh. Saya ngenes liat beberapa anak kecil, cowok2 pasti ga lebih dari 13 tahun nonton film ini. batin saya ngapain? Ga pantes umur segitu nonton bginian. Blum ngerti juga. Saya takut kalo maksud mereka nonton ini Cuma terprovokasi sama posternya dan mengharapkan suguhan ‘lain-lain’. ada yg nonton keluarga. Batin saya gimana sih orang tuanya. Trus remaja ke atas yg nonton ini pun banyak yang ga bisa dipertanggungjawabkan alasannya nonton film ini. dan ya bikin gaduh sepanjang film dengan ocehan ga penting. Ga beradab.

Saya jadi inget kata Hanung Bramantyo. Sutradara muda ini pernah mengeluh kalau film2 Indonesia yg bagus jarang bisa lama main di bioskop karena pengelola bioskop lebih mengutamakan keuntungan. Misalnya sehari gada seratus orang yg nonton film itu, langsung diturunin. Akibatnya ya gini, bioskop kita dipenuhin film2 tema horor ga jelas, atao menjurus2 komedi ala Warkop dulu.

Saya cuma bisa bilang penonton Indonesia juga salah. Seleranya masih rendah. Sense buat maju, buat lebih berpikir untuk menikmati tayangan berkualitas itu masih sangat minim. Agak berat dikit males nonton. Agak berat dikit komen2 ga penting. bioskop cuma jadi sarana pacaran terselubung sekalgus nikmatin hiburan sesaat kelas rendahan. padahal bioskop seharusnya juga jadi sarana mengedukasi masyarakat kita dengan film2 berkualitas. Oke definisi film bagus dan berkualitas mungkin sangat subjektif, tapi saya rasa kita semua pasti sepakat film2 yang ‘kurang’ itu seperti apa. Yahh udah tau film itu njual bodi orang doang juga ko masi ditonton, itu memang balik ke pola pikir kita sendiri. nggak ngasi efek bagus ke kita selain hiburan plus2 trus buat apa ditonton sebenernya?

Saya nggak tahu sebesar apa kapasitas saya dalam hal ini. tapi saya cuma berharap semoga suatu saat penonton Indonesia bisa lebih arif dalam menyingkapi tayangan di bioskop. Semoga nanti gada lagi Tyzha-Tyzha lain yang maki-maki dalam hati terganggu sama ulah penonton lain yang gabisa menghargai kualitas sebuah film. Syukur masyarakat kita nantinya tetep mau nonton film2 yg agak serius walaupun pemerannya ga cakep. Jd lebih liat isi filmnya ketimbang tampang yang main -->melihat kenyataan banyak film2 rada ‘mikir’ yang main ya Nicholas Saputra lagi Nicholas Saputra lagi. untung aja selain cakep pinter akting juga. Tapi kan bosen klo dia lagi dia lagi.

Yah begitulah kira2..

No comments: